Tuesday, 19 November 2013

Bermalam di Gunung Api Purba, Nglanggeran



Nglanggeran


19 Oktober 2013.
Jam setengah Sembilan malam saya sudah mulai merasa ngantuk. Sebelum ketiduran, saya menyempatkan mengirim pesan singkat untuk Azka Aditya yang pada hari itu sedang berulang tahun ke sembilan belas. Kurang dari lima menit setelah pesan saya terkirim, ada telepon masuk. Ternyata itu Azka. Dan apa kelakuannya…..( -__-) dia seenaknya mengajak saya malam itu juga untuk ikut bersama dia, Yusron dan satu teman Yusron ke Nglanggeran. Ajakan yang ditujukan semi memaksa, saya pun bertanya teman Yusron itu perempuan atau laki-laki, spontan Azka menjawab kalau teman Yusron itu perempuan. Karena saya tidak tega kalau temannya Yusron perempuan sendirian, saya izin pada ibu dan bapak saya. Dengan alasan mau menemani teman saya yang perempuan sendiri. Walau sebenarnya saya sendiri juga sedang butuh hiburan hehehe

Lima puluh menit kemudian mereka tiba di depan rumah saya, dan saya bertanya: "Loh mana ceweknya? Katanya temennya Yusron cewek?"
Azka ketawa saudara-saudara-_- dan ternyata Azka dan Yusron menipu saya seenaknya. Karena menurutnya kalau bilang temannya Yusron laki-laki saya tidak akan mau ikut pergi bersama mereka. Okelah, karena sudah terlanjur izin, terlanjur keluar, terlanjur ganti, dan terlanjur senang bias pergi jadinya ya tetap berangkat. Gilanya teman-teman saya yang seenaknya jam setengah Sembilan malam mengajak dan setengah sepuluh sudah ada di depan rumah. Ampuni mereka Ya Allah…..


Di jalan kami sempat diguyur hujan. Sedikit menyamarkan pandangan sepanjang perjalanan. Tapi Alhamdulillah perjalanan lancer dan tetap aman.

Singkat cerita, kami tiba di sana.
Yusron sempat marah-marah pada saya karena saya tidak membawa apa-apa. Saya hanya membawa diri saya dan tas slempang kecil. Salah siapa, saya sih mikirnya saya tinggal ikut menemani sampai di atas, tidur, lihat sunrise, turun dan pulang. Karena waktu telepon Azka juga bilang kalau hanya sebentar, besoknya dia masih ospek. Seperti biasa, saya disalah-salahkan dengan gaya mereka -___-
Kami berhasil tiba di puncak pada tengah malam. Kami segera mendirikan tenda. Yusron, Azka, dan Rizal ternyata membawa perbekalan logistic yang lengkap. Daging sapi pun dibawa yang rencananya mau nyate bersama *ckckck ada ada saja*. Saya hanya melihat mereka memasak dan memakan perbekalan mereka. Satu komentar saya: saya ngantuk. Mereka bertiga sempat keluar untuk melihat langit, saya tidak tertarik untuk ikut. Saya tidur.

Paginya, kami semua bangun kesiangan. Sama-sama malas melihat niat pertama, sunrise. Dan kemalasan niat kami didukung oleh awan pagi. Sunrisenya tidak terlalu kelihatan efek hujan dan mendung saat malam.
Kabut pagi itu tergolong tebal. pemandangan-pemandangan indah di sekitar puncak tertutupi olehnya. Ketika waktu telah menunjukkan pukul 07:30, sebelum terlalu siang dan Azka terlalu terlambat ospek kami memutuskan untuk turun. Sebelum turun mampir-mampir jepret jepret dulu laaah ya....

Ciyeeee banget. Azka menghianati Ian selingkuh sama Yusron. Hahahaha :))
Puncak Nglanggeran berkabut. Embungnya keliatan!
Ceritanya Azka mau sok pendakian persahabatan gitu buat alasan nelat ospek.
Delayota-Namche :))
Berasa dimana gitu ya :))


Teruntuk anak-anak Jogja (terutama saja, luar Jogja juga boleh) yang belum pernah, sempatkanlah.. Kalian bakal merasakan semacam naik gunung tapi dalam versi ringan, patut dicoba untuk pemula *saya juga masih pemula*. Memandang Kota Jogjakarta dari sisi yang berbeda #tsah

Fyi, puncak Gunung Api Purba kira-kira tingginya 700mdpl, sepertiga sampai seperempat naik gunung lah kira-kira, sedangkan Embungnya sekitar 400an mdpl. Gunung Api Purba terletak di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul. Dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor kurang lebih 45menit kalau dari Kotagede. Sekitar 1-1,5jam dari Kota. Rute ngelanggeran: dari jalan wonosari lurus sampai bukit bintang, ikuti arah ke Patuk, perempatan patuk (kantor polisi) ambil kiri –Utara-, setelah itu ikuti jalan berkelok-kelok, nanti sampailah pada tulisan “NGLANGGERAN”. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 4000,00/orang.

***
Kalau kalian tahu nih ya.. Betapa so sweetnya Yusron kepada Azka. Kenapa? Karena ini adalah kado ulang tahun dari Yusron buat Azka; ngajakin ke Ngelanggeran dan nginep semalaman. Soalnya Azkanya belum pernah dan pengen banget gitu ceritanya. So sweet ya hahaha.




Sekian, salam jempol!

ceritanya mau bikin tangga, cuma ceritanya sih...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)