Thursday, 6 February 2014

Kepada Kota Kelahiran Tercinta, Jogjakarta

Teruntuk kota kelahiran saya,
Jogjakarta.

Kurang lebih delapan belas tahun lalu aku lahir ke dunia di salah satu rumah sakit swasta di Jogja. Betapa banyak cerita yang mewarnai hidupku dari bayi, balita hingga di penghujung remaja. Hari berganti menjadi minggu, minggu menjadi bulan, dan bulan menjadi tahun. Tahun demi tahun berlalu, banyak yang telah berubah dari Jogjaku.

Dari jaman andhong masih banyak berjejer di Pasar Kotagede. Hanya dengan Rp 3.000,00,- saja pak kusir dan kudanya bisa mengantarku hingga perempatan Jalan Ibu Ruswo. Dilanjutkan jaman-jaman dimana anak SD hingga SMP yang gemar ngebolang hafal jalur bus kota sana-sini. Hingga datang masa dimana trans jogja mulai mendunia di jalanan Jogja. Menggantikan bus kota di hati para pelajar dan mahasiswa. Tak lupa, gerakan sego segawe yang nge-hitz pada masa ketika Pak Herry Zudianto menjadi wali kota.

Betapa nyamannya Jogjaku waktu itu, tidak ada polusi yang menyesakkan pengguna jalan. Pengendara kendaraan bermotor yang ramah, jalanan yang nyaman serta pepohonan di pinggiran yang meneduhkan para pejalan. Tapi itu dulu, sebelum Jogjaku berubah menjadi kota semi metropolitan dengan gedung-gedung tinggi yang kian mendominasi. Klakson kendaraan yang kudengar sana sini. Polusi mulai menyebar mengotori kenyamanan pengguna jalan, hingga pengalihan lahan pertanian menjadi bangunan.

Jogja butuh taman, Jogja butuh sesuatu yang hijau dan menghijaukan. Seperti papan kota Jogja di jalanan yang identik dengan warna hijau yang meneduhkan. Jogjaku kini tak lagi nyaman, jogjaku penuh sesak akan keramaian jalan dan pembangunan gedung-gedung pusat perbelanjaan.

Jogjakarta, tolong...
Tolong kembalikan Jogjaku yang nyaman.

2 comments:

  1. bener banget Bar, apalagi sekarang jogja dah kyk Jakarta aja, banyak apartemen sana sini -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, cuma Bantul yang gaberubah, Rom. Btw blogmu kamu hapus po? Update-anmu muncul di dashboardku cuma kalo diklik tulisannya "this blog has been removed" gitu..

      Delete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)