Friday, 25 April 2014

Mengejar Matahari Terbit: Punthuk Setumbu

AND FINALLY!
....here we go.
Punthuk Setumbu. Adalah sebuah bukit yang terletak 4 kilometer di sebelah Barat Candi Borobudur. Sunrise Setumbu sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan, baik domestik maupun wisatawan asing. Pemandangannya pun tak diragukan lagi. Kita bisa melihat matahari menampakkan diri ditambah dengan Gunung Merbabu Merapi yang membentang tinggi dan stupa Borobudur yang nampak kecil sekali.
Selebihnya dapat dilihat pada gambar-gambar berikut ini...

before sunrise.




Subhanallaah, indah sekali bukan? :")
Stupa Borobudur mulai kelihatan!
Sunrise!

Percayalah, bahwa apa yang ditangkap lensa kamera tidak ada apa-apanya dibandingan dengan yang dilihat oleh mata. Bahkan kamera 360 pun nggak mempan. Lensa yang dibuat manusia tidak akan bisa menandingi lensa yang dibuat langsung oleh Sang Pencipta.

***
Untuk masuk ke Punthuk Setumbu setiap wisatawan domestik dikenai tiket masuk Rp 15.000,00,- sedangkan untuk wisatawan asing Rp 30.000,00,-. Harganya beda, tiketnya pun juga. Tiket untuk wisatawan asing lebih bagus, berwarna pula. (duh, maaf saya jadi salah fokus)
Untuk sampai ke Bukit Punthuk Setumbu cukup perjalanan lewat Jalan Magelang ke arah Borobudur, kemudian cari direksi Hotel Manohara (dekat Borobudur). Setelah melewati Hotel Manohara nanti ada perempatan, ambil kanan. Lurus terus ikuti arah Punthuk Setumbu, jalannya memang berkelok-kelok, ikuti saja. Biasanya akan banyak mobil dari penginapan sekitar Borobudur yang menuju ke sana, jadi insya Allah nggak nyasar :)

Oiya, kalau kebingungan dari arah Borobudur, ada ojek yang menawarkan jasa mengantarkan menuju lokasi. Biayanya sekitar 20-25 ribu kalau tidak salah. Karena modal nekat dan irit biaya kemarin sih kami enggak pake. Hehehehe. Terima kasih untuk Adi, berkat petunjuk arah dari postingmu kami bisa sampai tanpa nyasar!

See you on next short escape!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)