Saturday, 30 August 2014

Museum Geologi Bandung


Pintu masuk Museum Geologi Bandung.

Sejarah dari zaman Batu hingga keberadaan makhluk hidup.
5 kingdoms.

Rangka dinosaurus!


Silakan dibaca. :)

Beberapa rangka dinosaurus.

Here....

Lobi Museum.

Sejarah manusia, evolusi manusia.
Museum Geologi Bandung, terletak di Jalan Diponegoro 57 Bandung. Berhadapan langsung dengan Taman Lansia dan tidak jauh dari Gedung Sate, di pusat kota lah pokoknya. Dari namanya, sudah sangat jelas apa saja yang ada di dalam museum ini. Seluk beluk zaman pra sejarah, zaman batu, terbentuknya bentang alam dan semacamnya.

Dari tiga museum yang saya kunjungi di Bandung, museum Geologi merupakan museum yang paling ramai pengunjung. Banyak wisatawan domestik dan kebetulan ada sekolah yang melakukan kunjungan ke museum ini.

Sebelum memasuki museum, kita harus membeli tiket masuk terlebih dahulu di tempat penjualan souvenir. Harga tiket masuknya Rp 2000,00,- untuk wisatawan domestik, saya lupa berapa harga untuk wisatawan mancanegara. Barulah setelah membeli tiket, kita bisa masuk. Di lobi museum sudah terlihat ada rangka mirip gajah. Di depan ruang pameran, ada foto peresmian Museum Geologi Bandung. Pertama dulu diresmikan Presiden Soekarno, yang kemudian diresmikan kembali oleh Presiden Megawati. (CMIIW ya hehe)

Saya bingung bagaimana menceritakan pun mendeskripsikan isi museum ini, karena pada dasarnya semua kita dapatkan di sekolah. Pelajaran Sejarah, Geografi hingga Biologi SMA ada di sini. Manusia purba, zaman batu, dinosaurus, terjadinya bentang alam, kingdom-kingdom, dan masih banyaaaaak lagi.

Habis selesai jalan-jalan.. bagi pecinta geologi, pecinta batuan, bisa banget beli souvenir batuan-batuan yang dijual di sini. Harganya berkisar Rp 25000 an kalau tidak salah. Selain ada batuan untuk hiasan, ada pula pin, kaos, dan barang-barang lainnya yang bisa dijadikan cinderamata. :D

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)