Sunday, 1 June 2014

Benteng Pertahanan


Benteng adalah bangunan yang identik dengan militer dan biasa digunakan untuk bertahan dari serangan musuh. Keberadaan benteng yang kokoh nan tinggi diharapkan bisa menjaga daerah kerajaan yang dikelilinginya dari mara bahaya. Dengan harapan, lawan tidak dapat menembus daerah kerajaan dengan mudah. 

Layaknya sebuah bangunan, semakin kokoh fondasinya, semakin baik dan kokoh pula benteng yang berdiri di atasnya. Bangunan tersebut tak akan mudah runtuh meski terguncang gempa, tertiup angin kencang maupun dipukul-pukul dengan senjata penghancur. Terlebih lagi, bila pada benteng pertahanan tersebut diberi tanaman merambat yang menutupi kulit luar dan gerbang benteng. Siapapun yang mendekat harus memangkas tanaman itu sebelum membuka gerbang.

Dari deskripsi di atas sudah jelas, bahwa mendirikan sebuah benteng bukanlah hal yang mudah. Terlebih menjaganya agar dapat bertahan dengan sempurna. Menjaga bagian luarnya dengan tanaman hijau merambat agar tetap tumbuh subur dan tidak mati. Terlebih menjaga gerbang masuk supaya tetap rapat terkunci.

Kesempurnaan pertahanan akan tercapai ketika tanaman hijau merambat lebat menutupi gerbang masuk dan badan benteng. Dengan begitu, diharapkan tidak sembarang orang dapat menembusnya secara cuma-cuma ataupun memaksa.