Friday, 9 September 2016

Menyapa Pringombo

Pada tanggal 26 Agustus - 3 September 2016, Book for Mountain (BFM) melaksanakan Projek Perpustakaan yang ke-15. Kali ini lokasinya di Pulau Jawa, tepatnya di Dusun Pringombo, Desa Ngadirejo, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Jika teman-teman dari Pekalongan, kurang lebih diperlukan satu jam untuk mencapai Pringombo. 

Ini merupakan kali kedua saya ikut Projek Perpustakaan semenjak saya bergabung di BFM, setelah tahun lalu yaitu Projek #BonjolInginBuku di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Untuk mencapai Prongombo, dari Kota Yogyakarta dibutuhkan sekitar lima jam perjalanan baik menggunakan mobil maupun sepeda motor. Meskipun letaknya masih di Pulau Jawa, jangan dikira sinyal internetnya kencang seperti di kota pada umumnya. Tidak sama sekali saudara-saudara. Sama sekali tidak ada sinyal di tempat kami bermalam, yaitu di rumah Pak Lurah. Untungnya ada wi-fi rumah Pak Lurah yang bisa digunakan untuk akses sosial media, sehingga kami tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat.

Anak-anak di pos IV outbond dengan pemandangan gunung dan perkebunan teh.

Wednesday, 7 September 2016

Project XV BFM: Among The Tea Tree


Aku akan bercerita tentang sebuah desa kecil nan asri yang terletak di ketinggian dekat Pekalongan, tepatnya Kabupaten Batang. Adalah Ngadirejo yang sebagian besar penduduknya mendapat mata pencaharian dari hasil panen teh dan cengkeh. Rumah-rumah warga yang saling bergandengan, serta sapaan dari setiap rumah yang dilalui setiap langkah kaki akan kau temui sepanjang hari. Memintamu untuk mampir dan singgah sejenak. "Mbak, monggo pinarak.." sapa mereka.

Kamu tidak akan menghabiskan harimu dengan menatap layar ponsel. Entah itu untuk menangkap pokemon, mengirim pesan, membaca timeline dan sebagainya. Tidak ada sinyal telepon biasa maupun sinyal internet, hanya saja ada wi-fi rumah Pak Lurah yang bisa diakses pagi dan malam hari untuk sekedar memberi kabar kepada orang-orang tersayang. 

Akan kau temui anak-anak sekolah dasar yang bermain ke basecamp dengan penuh rasa ingin tahu. Mereka akan memintamu untuk menemani mereka membaca, menggambar, dan memintamu menjawab pertanyaan akan keingintahuan mereka. Jogja, adalah kata yang sedikit asing bagi mereka meski letaknya masih sama-sama di Pulau Jawa. Sebagian besar dari mereka belum pernah keluar dari daerahnya.

Sebuah media tuk meredam segala emosi dan ambisi yang belakangan membara dalam diri. Melepaskan segala label yang melekat dalam diri, merasakan hidup di desa selama beberapa hari. Belajar untuk lebih mensyukuri hidup ini.

Selama kurang lebih sepuluh hari, Book for Mountain akan mengadakan kegiatan dan pengadaan perpustakaan di desa ini. Setelah melalui tahap survey lokasi, penggalangan dana, #HariKumpulBuku, pembelanjaan buku bacaan, persiapan konsep acara, open recruitment volunteer hingga persiapan keberangkatan... akhirnya Project XV Ngadirejo - Batang telah terlaksana.


Pemandangan Kebuh Teh Ngadirejo, Batang

#HariKumpulBuku di GSP Sayap Barat

Thursday, 1 September 2016

lemonades


I can prove myself for my own self that I am far from what’s my surrounding thinking I was. There’s no need to prove them wrong, or anyone else. It’s wasting time and waste my time, I just need to prove myself that I could take a better path with a better emotional quotient to do whatever I want and reach whatever I’ve been dreaming of. I also pray for them to have something proper to do than talking about people's live and businesses. Aha. :)